Polres Gowa Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2021: Ini Perintah Yang Akan Dilakukan

Gowa – Polres Gowa menggelar Apel Gelar Pasukan operasi kewilayahan dengan sandi “Operasi Patuh 2021” di halaman apel kantor Polres Gowa pada Senin (16/9/2021).

Tema operasi kepolisian dengan sandi “Operasi Patuh” 2021 tahun ini adalah, “Melalui Operasi Patuh 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap”.

Operasi patuh yang mulai berlaku hari Senin 20 September hingga 3 Oktober 20221 ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang kamseltibcarlantas Di tengah pandemi Covid 19.

Beberapa jenis pelanggaran yang dijadikan sasaran operasi adalah pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban kecelakaan diantaranya penggunaan helm, Safety Belt, melebihi batas kecepatan , pengendara dalam keadaan pengaruh alkohol, melawan arus , pengendara dibawah umur, berkendara menggunakan hand phone, dan penggunaan lampu Strobo, Rotator dan sirine yang tidak sesuai peruntukan.

Selain fokus pada penanganan pelanggaran tersebut para personil juga ditekankan untuk bersikap humanis dengan memberi tiindakan teguran serta aktif memberi edukasi dan sosialisasi secara massif kepada masyarakat tentang disiplin berlalu lintas, Prokes yang lebih ketat.

Pelaksanaan gelar pasukan dilakukan dengan sangat sederhana dan sesuai dengan protokol kesehatan serta jumlah personil yang sangat terbatas yang hanya dihadiri perwakilan dari dari instansi terkait dan komponen masyarakat seperti TNI, Satpol PP dan Senkom.

Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin. P. SIK.,MH yang bertindak selaku inspektur Apel Gelar Pasukan saat membacakan amanat Kapolda Sulsel mengatakan ,” Saya tekankan agar dalam pelaksanaan tugas tetap berpedoman pada Prokes, ikuti SOP, hindari Pungli yang menjadi trigger ketidak percayaan masyarakat kepada Polri dan lakukan operasi secara profesional seta hindari komplain dari masyarakat, jelasnya mengakhiri amanat.