Petugas Satpolair Polres Bone Hadir di Pelabuhan Rakyat Bajoe, Ini Tujuannya!

responsive.txt

BONE– Dalam rangka mencegah tindak pidana diperairan dan pelanggaran dalam berlayar, Satuan Polisi Perairan Polres Bone hadir di dermaga pelabuhan rakyat Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, Sabtu (30/01/2021) siang.

 

Hal tersebut dilakukan oleh dua personil Satpolair Polres Bone yakni Kasubnit Lidik Satpolair Polres Bone Aiptu Budi Mulyono bersama dengan anggotanya Briptu Akbar.

 

Kasubnit Lidik Satpolair Polres Bone, kepada media mengatakan bahwa kehadirannya dilokasi tersebut bertujuan untuk memantau situasi keamanan areal pelabuhan serta memeriksa muatan kapal layar motor.

 

“Untuk memantau dan memastikan keamanan area pelabuhan benar-benar kondusif sekaligus memeriksa kapal layar motor yang sementara memuat barang,” jelas aiptu Budi Mulyono.

 

“Selain itu, kami juga memberikan himbauan kepada nahkoda kapal, ABK (anak buah kapal) dan buruh pelabuhan agar tidak membawa barang illegal ataupun barang terlarang lainnya, tidak melebihi kapasitas muatan dan selalu memperhatikan kondisi cuaca qsebelum berlayar serta mengingatkan untuk mengutamakan keselamatan diri saat berlayar,” ucap Aiptu Budi Mulyono.

responsive.txt

 

Lanjut Aiptu Budi Mulyono, “Dimasa pandemi ini, kami juga mengingatkan untuk sentiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari penyebaran Covid-19,” tambahnya.

 

Terpisah, Kasat Polair Polres Bone AKP A. Sukri Sulaiman saat dijumpai pihak media dilokasi berbeda menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh personelnya sudah rutin dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah tindak pidana perairan maupun pelanggaran dalam berlayar.

 

“Kegiatan ini sudah rutin kami lakukan demi keselamatan pelayaran dan untuk mencegah terjadinya tindak pidana diperairan, pelanggaran dalam berlayar serta memastikan bahwa setiap kapal dalam keadaan laiak laut sebelum berlayar, terang AKP A. Sukri Sulaiman.

 

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan.,S.I.K.,M.Si, menuturkan “Kegiatan ini untuk mendekatkan diri pada masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman karena sudah ada polisi di sekelilingnya” ungkap Kabid Humas.

responsive.txt