Prajurit Yonmarhanlan VI Makassar Lakukan Tes Kesamaptaan

responsive.txt

MAKASSAR – Dalam rangka Ujian kenaikan pangkat (UKP) dan Menjaga stamina fisik prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan VI) Makassar melaksanakan tes kesamaptaan bertempat di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI Makassar. Kamis (04/03/2021).

Tujuan diselenggarakannya tes kesamaptaan ini selain untuk mengetahui kondisi fisik prajurit agar tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima dapat melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal. Lebih lanjut tes samapta ini dipandang sangat penting fungsinya agar prajurit bisa menganalisa apakah gaya hidup yang dijalani sudah sesuai dengan kehidupan normal, jika hasilnya tidak, maka setiap individu harus memperbaiki pola hidup yang dijalani.

responsive.txt

 

Samapta yang dilaksanakan sebagai Ujian kenaikan pangkat (UKP) dan Samapta umum secara periodik akan menjadi tolak ukur kesiapan prajurit “Sarang Petarung” Yonmarhanlan VI terhadap tugas yang sewaktu-waktu diberikan dari satuan atas apakah berupa latihan atau tugas operasi baik itu operasi militer perang atau operasi militer selain perang. selain itu juga sebagai ajang persiapan bagi prajurit yang akan mengikuti tes pendidikan, sekalipun kesiapan yang akan menjalani seleksi satuan tugas (Satgas).

 

Kegiatan samapta kali ini diawali dengan pengecekan tensi juga cek suhu badan oleh Dinas Kesehatan dari Lantamal VI Makassar dilanjutkan peregangan dan stracing untuk menghindari terjadinya kram atau dislokasi otot saat lari, rangkaian kegiatan dari cek kesehatan, pemanasan dan pelaksanaan garjas masih tetap dalam koridor protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Sementara untuk tes kesamaptaan jasmani yang diujikan, meliputi tes Samapta “A” dan tes Samapta B, untuk Samapta A yaitu lari 2.400 meter sedangkan untuk Samapta B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Sutlle Run. Tes kesamaptaan ini merupakan pelaksanaan program kerja Pembinaan Jasmani (Binjas) Yonmarhanlan VI tahun 2021.

responsive.txt