Kodam Hasanuddin Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H 2021 M

responsive.txt

Makassar – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad, S.H., memimpin acara Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2021 di Masjid Hasanuddin, Makodam Jl Urip Sumoharjo Makassar, Rabu ( 17/3).

Dalam sambutan tertulis Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E., yang dibacakan Kasdam menyampaikan, peringatan Isra’ Mi’raj 1442 H 2021 M, sebagai salah satu peristiwa yang paling bersejarah dan monumental dalam perjalanan kenabian Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam.

“Shalawat dan salam, marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam, beserta keluarga, para sahabat, serta para pengikut beliau dan Insya Allah termasuk kita semua hingga akhir zaman, semoga peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini, semakin mempertebal keyakinan kita kepada Allah SWT, meyakini kebenaran atas risalah kenabian Rasulullah, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta.” ucap Pangdam.

“Setiap kali kita memperingati Isra’ Mi’raj, setidaknya ada dua hal penting yang patut kita perhatikan. Pertama, mengenang perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan ajaran Islam, utamanya dalam menegakkan shalat, dan Kedua adalah meneladani perjuangannya yang amat berat untuk membangun umat, bangsa, dan negara melalui transformasi spiritual dan transformasi sosial”.

responsive.txt

“Sebagai prajurit, kita harus memiliki komitmen dan kesadaran untuk mencontoh keteladanan perjuangan Rasulullah guna dijadikan sebagai inspirasi agar kita dapat memiliki mental yang tangguh dan moral yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas, dan sekaligus menjadi contoh di tengah masyarakat sekitar dimanapun kita berada dan bertugas”.

“Oleh karena itu, hikmah Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW hendaknya kita implemtasikan dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan prajurit dan PNS yang profesional, berdisiplin tinggi dan dicintai rakyat. Bertitik tolak dari hal tersebut, maka peringatan hari raya keagamaan seperti inisangat penting karena hal tersebut sekaligus sebagai bagian yang takterpisahkan dari pembinaan prajurit guna meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, imbuhnya.

“Dengan mantapnya keimanan dan ketaqwaan dalam diri prajurit, maka dengan sendirinya akan terbentuk prajurit dan PNS yang bermoral dan bermental tangguh serta berdisiplin tinggi sehingga muaranya dapat meminimalisir tingkat pelanggaran prajurit,” harap Mayjen Andi.

“Hal tersebut sejalan dengan tema Isra’ Mi’raj kali ini yaitu : Maknai Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M sebagai landasan moral prajurit dan PNS TNI AD bermental tangguh. Tema tersebut jangan hanya sekedar asesoris semata, akan tetapi benar-benar diaktulisasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari”, tambahnya.

Mayjen Andi sebelum menutup sambutan ini, menyampaikan terima kasih kepada Ustazd Bapak Ashar Tamanggong, S.Ag., atas kesediaannya untuk hadir menyampaikan hikmah Isra’ Mi’raj pada saat ini. “Mari kiat simak dengan baik ceramah yang disampaikan dapat dijadikan bekal dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas sebagai abdi negara”, tutupnya.

responsive.txt