Pangdam Hasanuddin Sambut Kedatangan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Lebanon

Makassar – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E., menyambut kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Lebanon yakni Batalyon Infanteri (Yonif) 726/Tamalatea bertempat di Mako Yonif 726/Tamalatea, Kab. Takalar, Selasa (16/3).

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, upacara penyambutan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil ini adalah telah selesainya melaksanakan tugas sebagai pasukan perdamaian dunia di Lebanon.

“Selamat datang kembali di Kodam XIV/Hasanuddin, terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas pelaksanaan tugas misi pemeliharaan perdamaian dunia di Lebanon”, sambutnya.

“Misi perdamaian dunia yang telah kalian laksanakan adalah perwujudan dari UUD 1945 yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia. Hal ini membawa kebanggaan tersendiri karena selama ini prajurit TNI telah diakui di dunia internasional sebagai kekuatan multinasional yang mampu melaksanakan tugas-tugas resolusi Dewan Keamanan PBB di bidang perdamaian dan kemanusiaan”, tutur Pangdam.

“Keterlibatan prajurti TNI dalam operasi pemeliharaan perdamaian dunia selama ini, pelaksanaannya selalu memperoleh apresiasi dari PBB maupun dari negara internasional, sehingga pengakuan tersebut perlu dipertahankan dengan sebaik-baiknya”, ungkapnya.

“Hal tersebut telah dibuktikan oleh satuan Yonif 726/Tamalatea dalam pelaksanaan tugas di Lebanon dengan beberapa prestasi yang dicapai seperti berhasil meredam ketegangan antara IDF dan LAF di daerah Blue Line perbatasan antara Lebanon dan Israel serta berhasil mengambil hati masyarakat Lebanon dengan menerapkan 3S (Senyum, Sapa dan Salam)”, sambungnya.

“Selain itu, juga berhasil menjuarai beberapa even pertandingan olahraga diantaranya juara 1 lari perorangan jarak 8 KM dan juara 1 renang tunggal putri, renang estafet, tenis lapangan dan lari estafet kontingen garuda serta beberapa keberhasilan lainnya”, tambahnya.

“Dengan keberhasilan tersebut, saya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dengan harapan prestasi ini dapat lebih memantapkan tekad dan semangat kalian dalam menyongsong tugas-tugas di masa mendatang”, pungkas Pangdam.

Diakhir sambutannya orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini meminta kepada para personel Satgas Yonmek ini, yang baru kembali ke tanah air untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yakni tes antigen sebelum bergabung dengan keluarga.

“Akhirnya kepada segenap prajurit Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di Provinsi Sulawesi Selatan, namun mengingat kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, maka saya minta agar sebelum kembali ke kesatuan bertemu dengan keluarga, para prajurit supaya melaksanakan tes antigen guna mencegah terjadinya penularan wabah Covid-19”, tutupnya.