Penyuluhan Pertanian dan Kesehatan Non Fisik Program TMMD ke-110 Kodim Gowa Dihadiri Puluhan Warga

CYBER NEWS86,GOWA — Selain bentuk fisik kegiatan TMMD ke-110 Kodim 1409 Gowa yang bertempat di Desa Tanakaraeng Kecamatan Manuju juga menggelar kegiatan non fisik meliputi Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Bidang Kesehatan.

Kegiatan penyuluhan Pertanian dan Kesehatan sebagai kegiatan non fisik TMMD dilaksanakan pada Rabu (24/03/2021) berlokasi di Balai Desa Tanah Karaeng Kec.Manuju Kab.Gowa.

Hadir dalam kegiatan itu koordinator penyuluh Dinas Pertanian Kab.Gowa H. Ismail,Kepala Puskesmas Manuju H.Abdul Rahmin Muda S.K.M,Pasi Ter Dim 1409/Gowa Kapten Inf Rahmadi,Kepala Desa Tanah Karaeng
H.Sampara, S.Pd,dan para peserta penyuluhan yang berjumlah 60 orang.

Dalam kesempatan itu,kordinator penyuluhan pertanian Kab.Gowa H.Ismail menjelaskan bahwa penyuluh pertanian adalah orang yang memberikan dorongan kepada para petani agar mau mengubah cara pikir dan cara hidupnya yang lama dengan cara yang baru melalui proses penyebaran informasi untuk mendapatkan produktivitas petani serta perbaikan kesejahteraan keluarga petani atau masyarakat.Pembinaan kelompok tani diarahkan pada penerapan sistem agrobisnis, peningkatan peranan,peran serta petani dan anggota masyarakat pedesaan dengan menumbuh kembangkan kerja sama antar petani dan pihak lainnya yang terkait untuk mengembangkan usaha tani.

Kelompok Tani diharapkan dapat membantu menggali potensi,memecahkan masalah usaha tani anggotanya secara lebih efektif dan memudahkan dalam mengakses informasi dan efektif dalam mengelola administrasi data anggotanya mengingat kedepannya semua program menggunakan aplikasi data yang lebih valid.

“Kelompok Tani merupakan tempat untuk memperkuat kerjasama di antara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain, Melalui kerjasama ini diharapkan usaha tani akan lebih efisien serta lebih mampu menghadapi ancaman,tantangan, hambatan dan gangguan serta meminta kepada para kelompok tani Desa Tanakaraeng untuk bekerja profesional,”tuturnya.

Sementara itu,Kepala Puskesmas Kec.Manuju H.Abd.Rahmin Muda SKM menjelaskan bahwa,” Penyuluhan Kesehatan kepada masyarakat Desa sangat penting dilakukan mengingat masih minimnya pengetahuan masyarakat terkait kesehatan ibu dan anak.Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa di wakili Puskesmas Manuju mengucapkan terima kasih banyak atas dilaksanakannya kegiatan penyuluhan kesehatan ini yang juga merupakan sarana pemberitahuan ilmu kesehatan demi Peningkatan kesehatan masyarakat Desa,”ucapnya.

“Meminta kepada seluruh peserta penyuluh kesehatan khususnya para ibu rumah tangga untuk lebih pro aktif dalam menjaga kesehatan baik diri sendiri maupun lingkungan keluarga untuk terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat segala Kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga,”tutupya.

Kegiatan Penyuluhan Pertanian dan Kesehatan kepada warga masyarakat di Lokasi TMMD merupakan Rangkaian kegiatan TMMD ke-110 Kodim 1409/Gowa pada sasaran non fisik,dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada warga masyarakat yang masih minim terkait Bidang Pertanian dan Kesehatan guna peningkatan Perekonomian dan Kesehatan Warga Masyarakat Desa.

Diakhir kegiatan kordinator Penyuluhan pertanian kab.Gowa H.Ismail berikan bibit selidri dan sawi kepada Pasi Ter Dim Kodim 1409/Gowa Kapten Inf Rahmadi.