Polsek Somba Opu Lakukan Pengamanan Ziarah Kubur Qing Ming di Makam Tionghoa

responsive.txt

Gowa – Kegiatan Ziarah atau Ceng Beng atau juga di sebut Qing Ming adalah suatu hari ziarah tahunan bagi etnis China Tionghoa yang dilaksanakan setiap akhir bulan maret dan awal bulan april tahun berjalan.

 

Kegiatan ziarah kubur ini dilaksanakan warga etnis Tionghoa sebagai tradisi budaya keagamaan yang dilaksanakan setiap tahunnya yang saat ini dilaksanakan di kompleks pemakaman Tionghoa yang ada di kelurahan romang polong kecamatan somba opu kabupaten gowa.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mendatangi makam kuburan orang tua atau leluhurnya untuk dibersihkan dan sekalian bersembahyang di makam tersebut sambil membawa berbagai makanan seperti buah buahan, kue kue dan berbagai macam makanan lainnya serta karangan bunga sebagai tradisinya.

 

Untuk itu guna memberikan rasa aman kepada masyarakat etnis Tionghoa yang berziarah, Polsek Somba opu yang di pimpin oleh Kapolsek Somba opu Kompol Abdul Rasjak S.Sos., MH, beserta anggotanya melaksanakan pengamanan di lokasi pekuburan.

responsive.txt

Ahad (28/03/2021) pukul 09.00 wita.

 

Kapolsek Somba opu Kompol Abdul Rasjak S.Sos., MH, saat di konfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ziarah kubur Ceng Beng atau biasa disebut Qing Ming bagi etnis Tionghoa sudah jadi tradisi ditiap tahunnya yang mana pengunjungnya datang dari daerah terutama makassar dan sekitarnya.

“Sehingga diperlukan pengamanan baik pengamanan terbuka maupun tertutup demi kelancaran berjalannya giat Qing Ming dan giat tersebut tetap mengikuti dan menerapkan protokoler kesehatan.” Jelas Kapolsek.

 

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto S.IK, ditempat terpisah “Mengucapkan apresiasi kepada Kapolsek Somba opu Kompol Abdul Rasjak S.Sos., MH, bersama jajarannya atas pelaksanaan giat Pengamanan dimaksud sehingga masyarakat etnis Tionghoa merasa terayomi akan kehadiran Polri dan dapat berjalan dengan aman dan kondusif sesuai yang diharapkan.” Ucap Kapolres gowa.

responsive.txt