Hadiri Upacara Adat di Maros, Andi Iskandar Juga Berharap Kerajaan Tallo Bisa Lestarikan Budaya di Makassar

Maros – Upacara Adat “Kattobokko” Kerajaan MARUSU di Istana Ballalompoa Karaeng Marusu yang bertempat di Kassi kebo, Kelurahan Bajubodoa, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros. (28/03/2021)

 

Sejumlah petani di Maros, melakukan panen padi secara serentak. Buah padi sudah menguning dan siap dipanen.

Mengawali panen tersebut, kerajaan adat Marusu, Maros, menggelar acara adat Katto Bokko yang berarti simbol permulaan panen.

Katto Bokko menjadi tradisi raja Marusu yang masih dipertahankan keturunannya.

 

Dalam acara itu turut hadir juga Plt Raja Tallo yang mewakili Kerajaan Tallo, Andi Iskandar Esa Dg Pasore beserta anggota dewan adat kerajaan Tallo lainnya.

 

Andi Iskandar Esa, begitu bangga dengan atas pelestarian adat di Kerajaan Marusu, serta rumah adat yang menjadi simbol dimana setiap acara dan kegiatannya dilakukan.

 

“Kami bangga akan Kerajaan Marusu yang terus melestarikan warisan dan budaya para leluhur kita, dan saya juga selaku Plt dan Ketua Dewan Adat Kerajaan Tallo berharap agar nantinya juga kami di Tallo memiliki Rumah Adat yang dimana sekarang kami terus upayakan hal itu dan juga sementara mempertahankan aset aset kerajaan kami, dimana kerajaan Marusu mendapat dukungan penuh dengan pemerintah, dan saya harap Pemkot Makassar juga bisa bekerjasama dengan Kerajaan Tallo untuk juga bisa melestarikan budaya di Kota Makassar khususnya Kerajaan Tallo”,jelas Andi Iskandar Esa Dg Pasore saat dilokasi adat Kerajaan Marusu.