Kapolres Bone Ziarah ke Makam Raja Bone Bersama Fokopimda

BONE – Setelah selama tiga hari melaksanakan ziarah makam Raja-Raja Bone di luar wilayah Kabupaten Bone dalam rangka Hari Jadi Bone Ke-691, Jum’at 02 April 2021 Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si. kembali melaksanakan acara yang sama di wilayah Kabupaten Bone.

Acara yang juga diikuti Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra,S.IK. bersama para undangan lainnya mengawali acara ziarah ke Situs Raja Bone Pertama ManurungE Ri Matajang di Jalan ManurungE Kec. Tanete Riattang Kabupaten Bone, kemudian bergeser ke Makam Mangkau Bone ke-2 La Ummasa Petta Panre BessiE di Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Jeppe’E, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu to Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin MatinroE ri Lalebata dan Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris matinroE ri Topaccing, Makam Raja Bone ke-33 La Maddaremmeng matinroE ri Bukaka dan Ratu Bone 18 dan 21 We Bataritoja Datu Talaga Arung Timurung Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin, Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa di Desa Matuju Kecamatan Awangpone, dan terakhir di Kompleks Pemakaman Lapatau Matanna Tikka Raja Bone ke-16 di Desa Nagauleng, Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.

AKBP Try Handako Wijaya Putra,S.IK. di akhir acara ziarah menuturkan bahwa Bone memang kaya dengan budaya dan adat istiadat yang perlu di perkenangkan kepada wisatawan, khususnya kepada anak cucu kita, baik yang tinggal di wilayah Bone maupun di perantauan dalam mempertahan eksitensi kekayaan budaya yang ada saat ini.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian ziarah telah selesai, saya selaku Kapolres Bone sangat bersyukur dan bangga bisa tugas di kampung leluhur kami, dulu saya cuma dengar cerita dari orang tua saya tentang Tanah Bone karena saya dilahirkan di Daerah Sumatera, dengan izin Allah SWT sekarang saya dapat merasakan dan melihat langsung tentang Bone sesungguhnya, semoga momentum HJB tahun ini kita kembali memperkokoh persaudaraan kita semua,serta HJB nantinya berjalan dengan aman” tutur suami Ratih Try Handako.