288 Santri di Gowa Mengikuti Munaqasyah Santri TPQ Tahun 2022,TPA Nur Aisha Bissua Salah Satunya

Rahmiwati

Gowa – Sebanyak 288 santri TPQ di Gowa mengikuti ujian penamatan (munaqasyah) baca tulis Al-quran yang dilaksanakan oleh Pokja Kemenag Kab.Gowa di Jl.H. Agus Salim No.3, Bonto Bontoa,Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa,Prov.Sulawesi Selatan,Minggu (13/02/2022).

Kegiatan munaqasyah tahap ke 2 itu diikuti 42 TPQ,salah satunya TPA Nur Aisha  Bissua yang beralamat di Desa Romangloe Je’ne Mamisi Bissua Kecamatan Bontomarannu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari adanya virus covid-19.

 

Saat dikonfirmasi media Cybernews86.com,Kepala Pimpinan TPQ Nur Aisha Bissua Rahmiwati menyampaikan bahwa,”ada 5 santri TPQ Nur Aisha Bissua yang akan mengikuti Munaqasyah santri TPQ tahun 2022.Kami berharap agar semuanya lulus dan bisa membawa nama baik TPQ Nur Aisha Bissua.

 

Sementara itu,Penanggung jawab TPQ seksi PD.Pontren Kemenag Gowa ST.Nafsah mengatakan,”Santri yang mengikuti Munaqasyah di tahap pertama 510 dan untuk tahap ke 2 hari ini sebanyak 288 santri yang akan diikuti oleh 103 lembaga di tahun 2022,adapun mata ujian yang akan diikuti yaitu ada 7 yakni Tadarruz,surat pendek,ayat pilihan,doa harian,bacaan sholat,hak dan dinul islam,”tutur ST.Nafsah kepada media Cybernews86.com.

 

Nafsah menambahkan bahwa,”tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi santri sampai sejauh mana kemampuannya.Yang paling kita pentingkan disitu,yang ditekankan adalah mengaji dan bacaan sholat kalau doa harian kan bisa dipelajari nanti di SMP,dan akan dipastikan tidak lulus kalau santri tidak tau mengaji.Dan untuk mengetahui apakah lembaga tersebut aktif.Binaan Pokja Kemenag Gowa itu ada 200 lebih namun yang ikut setiap tahun hanya seratusan.Disitu kita lihat mana yang aktif dan mana yang tidak aktif.Yang aktif pasti santrinya di ikutkan ujian namun yang tidak aktif pasti santrinya tidak ada yang ikut,kemudian nanti kan ada yang diwisuda 15 besar,siapa yang masuk berarti kita memang liat bagus pembinanya,dia uji betul santrinya lalu dibawa kesini,”ujarnya.

 

Lanjut ia katakan bahwa,”Kecamatan Bontolempangan sudah selesai juga mengadakan Munaqasyah Santri Binaan Pokja Kemenag pada tanggal 9 Februari di ikuti 4 lembaga dan 20 santri.Sedangkan Malakaji Munaqasyah santri di laksanakan pada hari kamis tanggal 10 Februari diikuti 6 lembaga dan 40 santri.Rencana Tombolo Pao akan mengadakan Munaqasyah santri pada tanggal 20 Februari di Kanreapia,”katanya.

 

Ia pun berharap agar binaan Pokja bertambah banyak dan bisa mencapai kualitas.

 

“Harapan saya semoga binaan Pokja itu bertambah banyak dan bisa mencapai kualitas dan kuantitas dan yang paling kita pentingkan adalah kualitas,”tutup Nafsah.

Tags

Related Post