Polres Sinjai Lakukan Rikmin Awal Penerimaan Calon Anggota Polri Terpadu 2022

Rahmiwati

Sinjai – Kepolisian Resor Sinjai melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) melaksanakan pemeriksaan Administrasi Awal calon anggota Polri Terpadu TA. 2022, bertempat diaula Parama Satwika Mapolres Sinjai, Rabu (13/04/2022).

 

Pembukaan pemeriksaan awal dilakukan oleh Kabag SDM Polres Sinjai Kompol Syukur Risbiyanto, S.Pd dan pemeriksaan administrasi (rikmin) awal terhadap berkas pendaftar calon anggota Polri Terpadu TA. 2022, Polres Sinjai bersama instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Disdukcapil, diawasi dari internal Seksi Pengawasan (Siwas) dan Seksi Propam Polres Sinjai dan dari Eksternal dari insan Pers.

 

Kabag Sumda Polres Sinjai Kompol Syukur Risbiyanto, S.Pd mengatakan bahwa tahapan pendaftaran masih di Polres Sinjai, Saat ini panitia bantuan penerimaan di Polres Sinjai melaksanakan Rikmin Awal berkas para pendaftar. Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas- berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing Pendaftar,” Ujarnya.

 

Dalam pemeriksaan ini, melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Pendidikan Sinjai, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil (Dindukcapil) sedangkan tim internal dari jajaran Polres Sinjai yaitu Bagian SDM, Seksi Propam dan Siwas.

 

Dalam pelaksanaan Rikmin awal ini menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 dengan cara memakai masker dan jaga jarak.

 

Kabag SDM juga menambahkan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis), “Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

 

Setelah lolos seleksi administrasi awal di Polres Sinjai, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Sulsel.

 

Kabag SDM Polres Sinjai juga menghimbau agar para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri. “Belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri. Itu yang terpenting, Dan Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun “Masuk Polri tidak dipungut biaya Alias gratis,” Pungkasnya.

Tags

Related Post