Menjelang HUT ke-66 Tahun, Kodam XIV/Hasanuddin Targetkan 1.550 Kantong Darah Guna Memenuhi Kebutuhan Stok di Rumah Sakit

Makassar – Wujud nyata kepedulian kepada masyarakat khususnya untuk memenuhi kebutuhan stok darah, Kodam XIV/Hasanuddin menggelar Bakti Sosial Donor Darah sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Kodam XIV/Hasanuddin, bertempat di Lapangan Hasanuddin, Kota Makassar. Selasa (30/05/2023).

 

Kegiatan donor darah yang dipimpin oleh Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dany Budiyanto mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin tersebut dilaksanakan secara serentak di wilayah jajaran, baik itu Korem, Rindam maupun Brigif tersebar di wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra.

 

Dalam sambutan Pangdam Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) selaku pembina Bakti Sosial Donor Darah, yang dibacakan oleh Kasdam menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud refleksi dari hati nurani untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang selama ini sering menjadi permasalahan di tengah masyarakat yang membutuhkannya.

 

“Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini, dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkannya,” Bebernya.

 

Pangdam pun berkeinginan agar pelaksanaan kegiatan donor darah ini dapat menggugah hati masyarakat umum dan khususnya keluarga TNI, untuk senantiasa peka terhadap berbagai masalah sosial di masyarakat. Dimana hal ini sesuai dengan perintah Bapak Kasad bahwa TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

 

Tak hanya kegiatan donor darah, dalam kesempatan berbahagia ini, juga diserahkan santunan kepada anak yatim piatu yang berada di wilayah masing-masing guna meningkatkan semangat dan kesadaran kita dalam menolong antar sesama.

 

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Prov. Sulsel Hj. Erna Komalaningrum, S.St., SKM., M.Kes., menyampaikan apresiasi kepada Pangdam yang telah bekerjasama dengan pihak UTD Prov. Sulsel untuk memenuhi kebutuhan stok darah di wilayah yang jumlahnya kian pasang surut.

 

“Dengan adanya kegiatan ini, antara kami dan Kodam XIV/Hasanuddin bisa membantu masyarakat untuk menyiapkan kebutuhan darah, terutama masyarakat yang memang sangat membutuhkan, dan hasil kegiatan ini kami akan distribusikan ke Rumah Sakit yang membutuhkan”, Ungkapnya.

Check Also

Wujud Kepedulian, Babinsa Tinggimoncong Bantu Warga Buat Saluran Air

  GOWA – Anggota Koramil 04/Tinggimoncong Kodim 1409/Gowa Serma Zaenal melaksanakan kegiatan Karya Bakti di …