Kapolres Bone Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Pilkada

Redaksi

 

BONE – Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, S. I. K,.M.H pimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada serentak tahun 2024 di Wilayah Polres Bone. Jum’at (26/07/2024)

Kegiatan ini hadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone dan perwakilan dari berbagai instansi terkait yang dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Mapolres Bone.

Dalam sambutannya, AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi antar instansi guna memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah berjalan aman, tertib, dan lancar.

“Kami harus memastikan bahwa seluruh elemen terkait, baik dari TNI, Polri, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat lainnya dapat bekerja sama untuk menjaga kondusifitas wilayah selama proses Pilkada,” Ujar Kapolres Bone.

Lanjutnya, Rakor ini membahas berbagai aspek pengamanan, Menyatukan pola sikap, Pola tindak kepada petugas pengamanan serta kepada penyelenggara, sehingga nanti dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab fungsinya sesuai dengan mekanisme dan prosedur.

“Kemudian juga yang terpenting adalah instansi terkait agar dapat bersama-sama menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya masing masing sebagaimana yang ada di dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017″, Jelasnya.

Selain itu, Kapolres Bone juga membahas tentang pentingnya menjaga netralitas aparat keamanan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Polres Bone akan menyiapkan personel tambahan untuk memastikan keamanan di setiap TPS, serta melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” Tuturnya.

Bupati di wakili kesbangpol, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Ketua DPRD Bone serta perwakilan dari TNI, Kejaksaan, dan instansi terkait lainnya menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam memastikan Pilkada serentak 2024 di wilayah Kabupaten Bone berjalan sukses.

“Sinergi dan koordinasi lintas sektoral ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik. Kami berharap, melalui rapat koordinasi ini, kita dapat menyusun langkah-langkah strategis yang efektif dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama Pilkada,” Harap Kapolres .

Sementara, Bupati Bone yang diwakili oleh Kesbangpol menyampaikan bahwa, acara ini merupakan awal dari Proses tahapan Pilkada tahun 2024.

“Forum ini kedepan untuk membahas terkait masalah teknis dan pelaksanaan pilkada sehingga tidak ada lagi masalah-masalah yang di hadapi nantinya pada saat pelaksanaan tahapan hingga selesainya Pilkada”, Ucapnya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bone Yusran Tajuddin menyampaikan bahwa jajarannya telah melaksanakan Coklit (pencocokan dan penilitian) pemilih pada pilkada Tahun 2024 dan telah berlangsung 100 persen.

“Ada beberapa tanggapan masyarakat yang masuk terkait Coklit ini namun masih dalam tahapan penilitian masukan tersebut”, Jelasnya

Ketua KPU mengharapkan, dalam seluruh pelaksanaan tahapan dimulai sejak pendaftaran, penetapan, debat dan kampanye nantinya membutuhkan pengamanan lebih.

“Kami harapkan pemerintah daerah dan TNI-Polri memberikan dukungan penuh dalam mengawas pelaksanaan seluruh tahapan pemilu hingga pelantikan nantinya dapat berlangsung aman dan Kondusif”, Pintanya.

Redaksi

Informasi iklan dan pembuatan Berita 082188489123

Tags

Related Post